RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pembelajaran :
SD Negeri 1Setia Bakti
Kelas / Semester :
V (Lima) / 1 (Satu)
Tema/Sub Tema/PB :
Benda-Benda di Lingkungan Sekitar / Wujud Benda dan Cirinya/ PB 1
Alokasi Waktu :
1x Pertemuan (6 x 35 menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan
kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
BAHASA
INDONESIA
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
3.1.1 Menjelaskan
isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia.
4.1 Mengamati,
mengolah dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata.
4.1.1 Membuat pertanyaan tentang perubahan alam
berdasarkan teks.
4.1.2 Menyajikan
hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam dan keseimbangan
ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia.
MATEMATIKA
3.2 Memahami
berbagai bentuk pecahan–pecahan biasa, campuran, desimal dan persen dan dapat
mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal serta melakukan perkalian
dan pembagian.
3.2.1 Mengenal bentuk pecahan biasa.
3.2.2 Mengenal bentuk pecahan campuran.
3.2.3 Mengenal bentuk pecahan desimal.
3.2.4 Membedakan bentuk pecahan biasa, campuran,
desimal dan persen.
4.1 Mengurai
sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai
kemungkinan jawaban.
4.1.1 Menyelesaikan soal latihan pecahan biasa,
desimal dan persen.
IPS
3.1 Memahami
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
dan waktu serta berkelanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan
dan budaya dalam lingkup nasional.
3.1.1 Mengidentifikasi
aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial dalam
lingkup nasional.
3.1.2 Mengidentifikasi
aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang pendidikan, ekonomi dalam lingkup
nasional.
3.1.3 Mengidentifikasi
aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang pendidikan
dalam lingkup nasional.
3.1.4 Mengidentifikasi
aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang budaya dalam
lingkup nasional.
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam
ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta berkelanjutannya dalam
kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber-sumber yang tersedia.
4.1.1 Menyusun
laporan secara tertulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang aktivitas
dan perubahan kehidupan manusia.
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
kegiatan mengamati gambar orang membuang sampah ke sungai, siswa dapat
menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan
teliti.
2. Dengan
kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mampu mengidentifikasi perubahan alam
yang berdampak pada manusia dengan cermat.
3. Dengan
membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh-contoh
perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan.
4. Dengan
membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menuliskan kosa kata
baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat.
5. Dengan
latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan
biasa ke bentuk pecahan campuran, desimal dan persen.
D.
Materi Pembelajaran
1. Perubahan
wujud benda.
2. Pecahan
biasa, campuran, persen dan desimal.
3. Kosakata
baku dan tidak baku.
E.
Metode Pembelajaran
1. Metode : diskusi, Tanya jawab
2. Pendekatan : Saintifik
F.Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Power Point Presentation
2. Alat : -
3. Sumber
Belajar : Buku :Maryanto,dkk.2014.Buku siswa kelas 5 Tema
1
“Benda-benda di
lingkungan sekitar”. Buku Tematik
terpadu Kurikulum
2013.
Jakarta
:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.Langkah-Langkah
Pembelajaran
A.Pendahuluan
(10 Menit)
1. Guru
menyiapkan fisik dan psikis siswa dengan menyapa dan memberi salam.
2.
Guru meminta salah satu
siswa untuk memimpin doa.
3. Guru
mensosialisasikan tema, subtema dan tujuan yang akan dicapai.
B.Kegiatan
Inti (190 Menit)
1. Siswa
mengamati gambar yang menunjukkan contoh perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan, yakni membuang sampah ke
sungai.
2. Siswa menganalisa gambar secara cermat.
3. Siswa menjawab pertanyaan pada buku
siswa berdasarkan pengamatan gambar.
4. Guru menggunakan rubrik pengamatan
gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
5. Pada
kegiatan AYO MEMBACA, siswa membaca bacaan berjudul “Aneh, kenapa bisa begitu?”
6. Selesai
membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan kosakata tidak
baku yang terdapat pada bacaan.
7. Setelah
membaca dan memahami kosakata baku dan tidak baku, siswa menuliskan
informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan
perubahan wujud benda.
8. Pada
kegiatan “AYO BERDISKUSI” ; siswa
membentuk kelompok diskusi untuk mengamati dan mengidentifikasi
perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
9. Secara
interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep pecahan melalui ilustrasi
pembagian roti dan buah jeruk.
10. Fokus
penjelasan pada bentuk pecahan biasa dan bentuk pecahan campuran.
11. Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan.
12. Pada
kegiatan AYO BERLATIH : siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk
pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan
campuran menjadi bentuk pecahan biasa.
13. Menggunakan
rubrik menyelesaikan soal latihan pecahan untuk mengetahui tingkat pencapaian
siswa.
14. Secara
interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep persen.
15. Fokus
penjelasan pada mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan
mengubah bentuk pecahan persen menjadi bentuk pecahan biasa.
16. Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan.
17. Pada
kegiatan AYO BERLATIH; siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk
pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen
menjadi bentuk pecahan biasa.
18. Secara
interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep bentuk pecahan desimal.
19. Fokus
penjelasan pada mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk desimal dan
mengubah bentuk pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa.
20. Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan.
21. Pada
kegiatan AYO BERLATIH; siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk
pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa dan mengubah bentuk pecahan biasa
menjadi bentuk pecahan desimal.
22. Siswa
mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan
perubahan alam dan perubahan wujud benda.
C.Penutup (10
Menit)
1. Siswa
bersama guru membuat kesimpulan tentang perubahan alam, perubahan wujud benda, pecahan
biasa, campuran, desimal dan persen.
2. Siswa
bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3. Salah
satu siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
H.
Penilaian
1.Teknik Penilaian
a.Penilaian Sikap :Rasa
ingin tahu, percaya diri dan peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b.Penilaian
Pengetahuan :Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan :Unjuk Kerja
2.Bentuk Instrumen Penilaian
a.Penilaian
Sikap
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai dengan
sikap masing-masing siswa.
No
|
Nama siswa
|
Sikap
|
||||||||
Rasa ingin tahu
|
Percaya Diri
|
Peduli Lingkungan
dan Budaya
|
||||||||
Blm tampak
|
tampak
|
Menonjol
|
Blm tampak
|
tampak
|
menonjol
|
Blm tampak
|
tampak
|
Menonjol
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.Penilaian
Pengetahuan
1.
Ubahlah pecahan
biasa di bawah ini menjadi pecahan campuran!
a)
b)
c)
d)
2.
Ubahlah pecahan
biasa di bawah ini menjadi pecahan desimal!
a)
b)
c)
d)
3.
Ubahlah pecahan
desimal di bawah ini menjadi bentuk persen!
a)
0,50 = ... %
b)
0,25 = ....%
c)
0,125= ...%
d)
0,75= ...%
4.
Ubahlah bentuk
persen di bawah ini menjadi pecahan biasa!
a)
60 % =
b)
15% =
c)
36 % =
d)
25 % =
c.
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Baik sekali
|
baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Keterampilan Penulisan:
Tabel dibuat
dengan benar, sistematis, dan menarik menunjukkan keterampilan pembuatan tabel
yang baik
|
Keseluruhan
tabel yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat
tabel yang tinggi dari pembuatnya.
|
Keseluruhan
tabel yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat tabel
yang baik dari pembuatnya.
|
Sebagian
besar tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan
keterampilan membuat tabel yang terus berkembang dari pembuatnya.
|
Bagian-bagian
tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan
membuat tabel yang dapat terus ditingkatkan.
|
Setia Bakti, 25 Juni 2014
Kepala SD Negeri 1 Setia Bakti
Guru Kelas V
Drs. Gunarto
Tri Lego Indah Fitrianingsih, S.Pd
NIP. 19600913 198403 1 011
L K Analisis Kesesuaian Materi
Tema :Benda-benda
di lingkungan sekitar,Sub Tema :Wujud benda dan cirinya
|
|||
PBM
|
Kesesuaian Materi
|
Keterangan
|
Saran
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
L K Guru untuk Pengamatan
Tema :
|
Sub Tema :
|
Pembelajaran ke
:
|
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
|
Menanya
|
|
Mengumpulkan informasi/eksperimen
|
|
Mengasosiasikan/mengolah informasi
|
|
Mengkomunikasikan
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar