Kamis, 26 Juni 2014

RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 SD Tema 1 Sub Tema 1 PB 1

RPP Kurikulum 2013




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pembelajaran   : SD Negeri 1Setia Bakti
Kelas / Semester          : V (Lima) / 1 (Satu)
Tema/Sub Tema/PB    : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar / Wujud Benda dan Cirinya/ PB 1
Alokasi Waktu            : 1x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. Kompetensi Inti (KI)
1.         Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.         Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
BAHASA INDONESIA
3.1       Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.1.1    Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia.
4.1       Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata.
            4.1.1    Membuat pertanyaan tentang perubahan alam berdasarkan teks.
4.1.2    Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia.

MATEMATIKA
3.2       Memahami berbagai bentuk pecahan–pecahan biasa, campuran, desimal dan persen dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal serta melakukan perkalian dan pembagian.
            3.2.1    Mengenal bentuk pecahan biasa.
            3.2.2    Mengenal bentuk pecahan campuran.
            3.2.3    Mengenal bentuk pecahan desimal.
            3.2.4    Membedakan bentuk pecahan biasa, campuran, desimal dan persen.
4.1       Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
            4.1.1    Menyelesaikan soal latihan pecahan biasa, desimal dan persen.

IPS
3.1       Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta berkelanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
3.1.1    Mengidentifikasi aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial dalam lingkup nasional.
3.1.2    Mengidentifikasi aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang  di bidang pendidikan, ekonomi dalam lingkup nasional.
3.1.3    Mengidentifikasi aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang pendidikan dalam lingkup nasional.
3.1.4    Mengidentifikasi aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang budaya dalam lingkup nasional.
4.1       Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta berkelanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia.
4.1.1    Menyusun laporan secara tertulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.

C. Tujuan Pembelajaran
1.         Dengan kegiatan mengamati gambar orang membuang sampah ke sungai, siswa dapat menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan teliti.
2.         Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mampu mengidentifikasi perubahan alam yang berdampak pada manusia dengan cermat.
3.         Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh-contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan.
4.         Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menuliskan kosa kata baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat.
5.         Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, desimal dan persen.

D. Materi Pembelajaran
1.         Perubahan wujud benda.
2.         Pecahan biasa, campuran, persen dan desimal.
3.         Kosakata baku dan tidak baku.

E. Metode Pembelajaran
1.         Metode            : diskusi, Tanya jawab
2.         Pendekatan     : Saintifik

F.Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                          : Power Point Presentation
2.         Alat                             : -
3.         Sumber Belajar            :  Buku :Maryanto,dkk.2014.Buku siswa kelas 5 Tema 1
 “Benda-benda di lingkungan sekitar”. Buku Tematik
  terpadu Kurikulum 2013.
  Jakarta :Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
A.Pendahuluan (10 Menit)
1.      Guru menyiapkan fisik dan psikis siswa dengan menyapa dan memberi salam. 
2.      Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.
3.      Guru mensosialisasikan tema, subtema dan tujuan yang akan dicapai.

B.Kegiatan Inti (190 Menit)
1.         Siswa mengamati gambar yang menunjukkan contoh perilaku yang tidak selaras    dengan lingkungan, yakni membuang sampah ke sungai.
   2.         Siswa menganalisa gambar secara cermat.
   3.         Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa berdasarkan pengamatan gambar.
   4.         Guru menggunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
5.         Pada kegiatan AYO MEMBACA, siswa membaca bacaan berjudul “Aneh, kenapa bisa begitu?”
6.         Selesai membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan kosakata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
7.         Setelah membaca dan memahami kosakata baku dan tidak baku, siswa menuliskan informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan perubahan wujud benda.
8.         Pada kegiatan “AYO BERDISKUSI” ;  siswa membentuk kelompok diskusi untuk mengamati dan mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
9.         Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep pecahan melalui ilustrasi pembagian roti dan buah jeruk.
10.       Fokus penjelasan pada bentuk pecahan biasa dan bentuk pecahan campuran.
11.       Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan.
12.       Pada kegiatan AYO BERLATIH : siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa.
13.       Menggunakan rubrik menyelesaikan soal latihan pecahan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
14.       Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep persen.
15.       Fokus penjelasan pada mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen menjadi bentuk pecahan biasa.
16.       Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan.
17.       Pada kegiatan AYO BERLATIH; siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen menjadi bentuk pecahan biasa.
18.       Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep bentuk pecahan desimal.
19.       Fokus penjelasan pada mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk desimal dan mengubah bentuk pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa.
20.       Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan.
21.       Pada kegiatan AYO BERLATIH; siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa dan mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan desimal.
22.       Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan perubahan alam dan perubahan wujud benda.

C.Penutup (10 Menit)
1.         Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang perubahan alam, perubahan wujud benda, pecahan biasa, campuran, desimal dan persen.
2.         Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.         Salah satu siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.

H. Penilaian
1.Teknik Penilaian
a.Penilaian Sikap                     :Rasa ingin tahu, percaya diri dan peduli terhadap lingkungan    dan budaya sekitar.
            b.Penilaian Pengetahuan         :Tes Tertulis
            c. Penilaian Keterampilan       :Unjuk Kerja

2.Bentuk Instrumen Penilaian
            a.Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai dengan sikap masing-masing siswa.


No
Nama siswa
Sikap
Rasa ingin tahu
Percaya Diri
Peduli Lingkungan dan Budaya
Blm tampak
tampak
Menonjol
Blm tampak
tampak
menonjol
Blm tampak
tampak
Menonjol
1










2










3










4










5










6










           
 b.Penilaian Pengetahuan
1.      Ubahlah pecahan biasa di bawah ini menjadi pecahan campuran!
a)   
b)  
c)   
d)  
2.      Ubahlah pecahan biasa di bawah ini menjadi pecahan desimal!
a)     
b)     
c)     
d)    
3.      Ubahlah pecahan desimal di bawah ini menjadi bentuk persen!
a)      0,50 = ... %
b)      0,25 = ....%
c)      0,125= ...%
d)     0,75= ...%
4.      Ubahlah bentuk persen di bawah ini menjadi pecahan biasa!
a)      60 % =
b)      15% =
c)      36 % =
d)     25 % =


 




















            c. Penilaian Keterampilan
Aspek
Baik sekali
baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Keterampilan Penulisan:
Tabel dibuat dengan benar, sistematis, dan menarik menunjukkan keterampilan pembuatan ta­bel yang baik
Keseluruhan tabel yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjuk­kan keterampilan membuat tabel yang tinggi dari pembuatnya.

Keseluruhan tabel yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat tabel yang baik dari pembuatnya.

Sebagian besar tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat tabel yang terus berkembang dari pembuatnya.

Bagian-bagian tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan ket­rampilan membuat tabel yang dapat terus ditingkatkan.

                
                                                                                                   Setia Bakti, 25 Juni 2014
Kepala SD Negeri 1 Setia Bakti                                     Guru Kelas V         




Drs. Gunarto                                                                    Tri Lego Indah Fitrianingsih, S.Pd
            NIP. 19600913 198403 1 011






























L K Analisis Kesesuaian Materi

Tema :Benda-benda di lingkungan sekitar,Sub Tema :Wujud benda dan cirinya
PBM
Kesesuaian Materi
Keterangan
Saran
1



2



3



4



5



6




L K Guru untuk Pengamatan
Tema                         :
Sub Tema                  :
Pembelajaran ke        :

Tahap Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati

Menanya

Mengumpulkan informasi/eksperimen

Mengasosiasikan/mengolah informasi

Mengkomunikasikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar