TUGAS PEMBELAJARAN SAIN 2
Oleh :
Kelompok Connected
1. Fitri Mayasari
2. Resti Susanti
3. Tri Lego Indah F N
PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
Indikator : 1. Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya.
2. Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup.
3. Mengklasifikasikan beberapa makhluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati.
4. Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
2. Menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup.
3. Mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
4. Mengetahui klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus.
5. Mengetahui sistem klasifikasi 5 kingdom.
6. Menuliskan nama ilmiah makhluk hidup.
7. Menjelaskan tujuan kunci determinasi.
Materi Pembelajaran : Klasifikasi Makhluk Hidup
Metode Pembelajaran : Model
- Connected
Metode
- Diskusi kelompok
- Observasi
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Bagaimana cara mengelompokkan makhluk hidup?
- Apakah nama ilmiah dari tanaman padi?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah dasar klasifikasi makhluk hidup?
- Bagaimana aturan untuk menulis nama ilmiah makhluk hidup?
. Pra eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b. Kegiatan Inti
. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mencatat makhluk hidup yang ditemukan.
. Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
. Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menentukan dasar dari klasifikasi makhluk hidup (berdasarkan ukuran tubuh, lingkungan tempat tinggal, manfaat dan jenis makanan).
. Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil cawan petri, pinset, kaca pem-besar, belalang, kumbang, kupu-kupu, capung, udang, semut, lalat, laba-laba dan kaki seribu.
. Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
. Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
. Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
. Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kelemahan dari beberapa dasar klasifikasi makhluk hidup yang telah ditentukan sebelumnya.
. Guru menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi 5 kingdom.
. Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa kelebihan dari dasar klasi-fikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi lima kingdom.
. Guru menjelaskan aturan tata nama ilmiah makhluk hidup dan memberikan beberapa contoh nama ilmiah makhluk hidup.
. Peserta didik dalam setiap kelompok berdiskusi untuk menuliskan nama ilmiah makhluk hidup yang ditemui di sekitar sekolah.
. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
. Guru menjelaskan tujuan adanya kunci determinasi dan memberikan contoh kunci determinasi untuk menempatkan makhluk hidup ke dalam suatu kingdom.
c. Kegiatan Penutup
. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal
Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu kelas VII
b. Alat dan bahan praktikum
c. Lingkungan
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- tes unjuk kerja
- tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
- Uji petik kerja produk
- PG
- Uraian
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes uji petik kerja produk
Mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
Pertanyaan:
1. Buatlah catatan mengenai ciri-ciri yang terdapat pada hewan kumbang, kupu-kupu, capung, udang, semut, lalat, laba-laba dan kaki seribu.
2. Dari semua hewan yang diamati, apakah ada yang memiliki ciri-ciri sama? coba kelompokkan hewan-hewan yang memiliki ciri-ciri yang sama.
3. Catatlah hasil pengamatan kalian pada tabel pengamatan seperti di bawah ini.
Hewan | Bagian tubuh | Jumlah kaki | sayap |
Belalang | kepala dada perut | 6 buah | ada |
- Contoh tes PG
Cara penulisan nama ilmiah tanaman padi menurut tata nama binomial adalah....
a. oryza sativa
b. oryza Sativa
c. Oryza Sativa
d. Oryza sativa
- Contoh tes uraian
Mengapa makhluk hidup harus diklasifikasikan?
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
...................... ....................
NIP. NIP.
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup | Ciri-ciri makhluk hidup | o Mengamati ciri-ciri makhluk hidup o Merumuskan karakteristik /ke khasan ciri makhluk hidup o Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia | · Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup · Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi · Membedakan ciri tumbuhan dan hewan | Tes tertulis Tes kinerja Tes tertulis | PG Ter unjuk kerja produk Uraian | Berikut ini ciri yang bukan hanya dimiliki oleh mahluk hidup yaitu ... a. tumbuh membesar b. memerlukan sumber energi c. memerlukan oksigen untuk pembakaran d. beradaptasi terhadap lingkungan* Pilihlah tiga mahluk hidup yang ada di sekitar dan lidentifikasilah ciri-cirinya minimum 4 ciri, dan buatlah laporannya! Manakah di antara ciri-ciri mahluk hidup yang dapat dipakai untuk membedakan hewan dan tumbuhan? | 2 x 40’ | Buku siswa, lingkungan, LKS |
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki | Klasifikasi Makhluk hidup | o Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme o Mengelompokkan organisme yang memliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu o Mencari informasi melalui referensi tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup o Melakukan klasifikasi klsifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki | · Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya · Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup · Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom · Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati | Ter tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes unjuk kerja | PG Uraian Uraian Uji petik kerja produk | Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu a. kepala b. kulit c. alat gerak* d. ekor Apa sajakah keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya pengklasifikasian makhluk hidup? Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya! Dari gambar hewan yang sudah tersedia klasifikasikan berdasar ciri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya! | 4 X 40’ | Buku siswa, lingkungan, LKS |
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme | Organisasi Kehidupan | o Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan menggunakan mikroskop o Melakukan identifikasi organ-organ pada manusia dan tumbuhan o Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel, jaringan, organ dan sistem organ | · Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop · Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya · Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan · Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh | Tes unjuk kerja produk Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Uji petik kerja produk Uraian Uraian Uraian | Deskripsikan keragaman bentuk sel berdasarkan hasil pengamatan preparat awetan daun yang telah tersedia menggunakan mikroskop! Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade pada daun! Amatilah bunga ”Kembang Sepatu” dan kemukakan apa saja nama organ penyusunnya! Kemukakan jaringan penyusun organ daun yang paling banyak mengandung klorofil! | 4 X 40’ | Buku siswa, preparat, LKS |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar